KEUNTUNGAN-KEUNTUNGAN KOPERASI

on Rabu, 21 Desember 2011



          Keuntungan koperasi yang di maksud di sini adalah keuntungan-keuntungan baik bagi anggotanya maupun sebagai bukan anggotanya.Sebagai anggota koperasi keuntungan yang di dapat dengan adanya koperasi kebutuhan para anggota dapat diperoleh di koperasi. Dengan terpenuhinya kebutuhan anggota maka semakin meningkatlah kesejahteraan anggota koperasi. Dengan memajukan kesejahteraan anggotanya berarti koperasi juga memajukan kesejahteraan masyarakat dan memajukan tatanan ekonomi nasional.
Keseluruhan tujuan koperasi tersebut adalah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Pengertian sederhananya:  bahwa koperasi bermanfaat bagi anggotanya.Manfaat paling utama adalah anggota dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Misalnya dengan adanya koperasi, anggota dapat meminjam uang pada koperasi untuk modal usaha.Manfaat koperasi bagi anggota tidak hanya memenuhi kebutuhan anggota. Jika kita menjadi anggota sebuah koperasi, maka kita akan memperoleh manfaat lain yakni:
a.Pada akhir tahun setiap anggota mendapat keuntungan yang disebut Sisa Hasil Usaha (SHU)
b. Setiap anggota dapat berlatih berorganisasi dan bergotong royong
c. Setiap anggota dapat berlatih bertanggung jawab
            Kuntungan-keuntungan sebuah koperasi yang di dapat masyarakat luas walaupun bukan sebagai anggotanya.Masyarakat dapat meminjam uang dari koperasi dengan syarat dan ketentuan yang tidak begitu rumit,berbeda dengan mereka yang meminjam uang di Bank yang terkadang syarat-syarat dan ketentuan yang di ajukan Bank cukup rumit.Mereka yang meminjam uang di koperasi dapat terbebas dari rentenir yang meminjamkan uang dengan bunga sangat tinggi.Selain itu bagi masyarakat yang memiliki hasil produk tertentu dapat menjualnya di koperasi,demikian pula para petani di desa juga dapat terhindar dari Tengkulak (Orang yang membeli hasil panen dari para petani)yang membeli harga panen mereka dengan seenaknya.Bila para petani menjual hasil panannya kepada koperasi petani akan memperoleh harga yang sepadan dengan hasil panennya karena koperasi sangat lah memperhatikan dari segi kemanusiaan.
            Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koperasi memiliki peran yang besar di masyarakat. Jika banyak orang yang dapat mengambil kemanfaatan koperasi maka ekonomi masyarakat pun akan kuat. Oleh karena itu tak heran jika koperasi disebut sebagai soko guru atau tiang utama perekonomian di Indonesia.

Sumber :
http://kkgbekasitimur.wordpress.com/2011/06/
http://sud art.student.fkip.uns.ac.id/2009/06/22/analisis-hambatan-koperasi/keuntungan koperasi
Ranking: 5

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Apakah Anda mencari pinjaman? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Global Finance terbatas memberikan pinjaman kepada perusahaan-perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 3,2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui susanmichael911@hotmail.co.uk

PEMOHON DATA:

  1) Nama Lengkap:
  2) Negara:
  3) Alamat: a
  4) Negara:
  5) Sex:
  6) Status Pernikahan:
  7) Pekerjaan:
  8) Nomer Telpon:
  9) Saat ini posisi di tempat kerja:
  10) Pendapatan Bulanan:
  11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
  12) Pinjaman Jangka waktu:
  13) Tujuan Peminjaman:
  14) Agama:
  15) Apakah Anda menerapkan sebelum;
  16) Tanggal lahir;
  terima kasih,
Ibu Susan Michael


16 Juli 2014 pukul 00.33

Posting Komentar

 
© joko saputra 92 | All Rights Reserved
Bloggerized ByImuzcorner | Powered ByBlogger | The Gunners Template ByFree Blogger Template