LINGKUNGAN PERUSAHAAN

on Senin, 11 Oktober 2010

Kondisi bisnis banyak berpengaruh pada kehidupan kita.oleh karena itu perusahaan-perusahaanmempunyai beberapa tangung jawab pada kehidupan dan kesejahteraan manusia. Sekarang,masyarakat menuntut pada perusahaan-perusahaan untuk mengembang tanggung jawab seperti itulebih besar dari sebelumnya.
Istilah tanggung jawab sosial menunjukan pertimbangan mana jemen tentang pengarih-pengaruh social di samping juga pengaruh ekonomi dari keputusan-keputusaannya.
Pengaruh Lingkungan perusahaan
Lingkungaan perusahaan artinya sebagai keseluruhaan dari factor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusaan baik organisasi,dalam masyarakat pluralities,terdapat banyak pusat kekuatan,masing-masing mempunyai sifat mandiri.
Perusahaan dalam masyarakat yang pluralistik
Perusahaan sangat tergantung pada masyarakat untuk membeli barang dan jasa yang di tawarkan , dan sikap masyarakat tehadap perusahaan berpengaruh pada cara kegiatan serta pelayanan perusahaan tersebut.
Masyarakat pluralistic adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan.
KESAN NEGATIF TENTANG PERUSAHAAN
Banyak masalah yang menciptakan kesan negatif tentang perusahaan, antara lain menyangkut penyelewengan pajak.
Usaha-usaha untuk memperaiki kesan negatif
Tentunya perusahaan harus tidak menciptakan masalah-masalahyang negatifserta perlu melaksanakan hubungan kegiatan masyarakat(humas)yang efektif.
LINGKUNGAN FISIK,ENERGI
DAN KONSERVASI
Dari masalah – masalah ekonomi dan social,salah satu masalah yang sangat sulit di atasi dam memerlukan biaya besar adalah yang berkaitan dengan lingkungan fisik.
EKOLOGI

Ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan lingkungannya,kualitas lingkungan kita sudah mulai menurun. Tiga faktor:
1.semakin meningkatkan konsentrasi penduduk
2.perkembangan teknologi baru
3.semakin meningkatkan kemakmuran ekonomi
MACAM-MACAM POLUSI
Polusi merupakan pengrusakan lingkungan alam di mana kita hidup dan bekerja.dan sekaran telah tercemar.
PENCEMARAN UDARA
Polusi udara ini menimbulkan dampak negative yang biasanya di kaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan.tetapi dapat di duga bahwa pencemaran udara seperti ini berpengaruh negative pada ke sehatanbadan setiap orang.
PENCEMARAN AIR
Cukup banyak kasus penemaraan air di Indonesia yang berasal dari berbagai macam sumber ,seperti lingkungan industry,pemukiman,dan lingkungan pertanian .penggunaan pupuk yang mempunyai kandungan nitrat cukup besar dapat menyebabkan polusi air,baik di permukaan maupun di bawah tanah.dan air-air yang yang mengadung bakteri-bakter itu tidak baik bagi kesehatan badan jika di minum.
PENCEMARAN SAMPAH AWET
Di dunia ini hanya ada tiga macam tempat pembuangan sampah,yaitu bumi,air,dan angkasa.Di daerah perkotaan yang semakin padat penduduknya akan semakin suli manajemen pembuangan sampahnya.jika sampah di bakar .pencemaran udara yang tibul sangat menggangu lingkungan.
ENERGI DAN KONSERVASI
Di Indonesia sumber energy minyak bumi sudah lama di gunakan di samping batu bara dan air.dari sumber energy tersebut kiranya energy matahari dapat memberikan prospek pengunaan yang baik di masa depan mengingat bahaya yang hamper tidak ada biayanya murah dan bebas polusi
LINGKUNGAN PEREKONOMIAN DAN PERPAJAKAN
Alasan-alasan bagi peningkatanya pengeluaran pemerintah
Pemerintah membiayai pengeluaran dari hasil pemungutan pajak .alasan-alasan bagi pemerintah untuk menaikan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat.
Meningkatnnya pengeluaran pemerintah ini merupakan satu tendensi yang mungkin meyebabkan naiknya laju pertumbuhan urbanisasi pertambahan penduduk dan permintaan masyarakat serta pengeluaran biaya untuk pertahanan Negara.
PERMINTAAN DAN PENGELUARAN PEMERINTAH
Apabila pengeluaran pemerintah lebih besar dari penghasilannya ,maka akan terjadi defisit.tidak semua pajak yang di terima oleh pemerintah di tunjukan untuk meningkatkan penghasilan,terutama pajak-pajak yang di kenakan pada tempat-tempat perjudian ,dan pajak impor untuk melindungi kegiatan usaha dalam negri terhadap persaingan harga.
Ada beberapa macam pajak yang di kenekan oleh pemerintah,antara lain :
a.Pajak tidak langsung
pajak tidak langsun adalah pajak penjualan impor,cukai,bea masuk,pajak ekspor,dan sebagainya.
b.pajak langsung
pajak langsung adalah termasuk penerimaan dalam negri
LINGKUNGAN HUKUM
Kebiasaan-kebiasaan,tradisi,peraturan-peraturan,konsitusi dan keputusan-keputusan suatu lembaga merupakan sumber dari sistem hokum yang berlaku.
Hukum yang ada di Indonesia dapat di kelompokan ke dalam :(1)hukum pupblik dan(2) hukum privat.
HUKUM PUBLIK
Hukum publik ini mengatur masalah-masalah yang menyangkut kepentingan dan keamanan umum.pengertian umum di sini meliputi :seseorang,sekelompok orang masyarakat dan Negara.aturan-aturan hokum yang dapat di masukan sebagai hokum public ini antara lain :hukum tatanegara,hokum tatausaha,dan hokum pidana .
HUKUM PRIVAT
Hukum privat merupakan hokum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat.Termasuk ke dalam hukum privat adalah hokum perdana dan hukum dagang.
LINGKUNGAN PEMERINTAH
Hubungan antara perusahaan dan pemerintah telah berkembang dari usaha-usaha untuk menggali dan mengunakan sumber-sumber ekonomi,yang di tunjukaan untuk menciptakan kondisi perekonomian yang sehat.hubungan ini menimbulkan berbagai macam kelompok kegiatan usaha dan akan berpengaruh terhadap perubahan sumber-sumber yang harus di gunakan.
Perhatiaan pemerintah terhadap kegiatan usaha
Pemerintah telah memberikan bantuan dalam kegiatan perusahaan ,terutama berupa perlindungan atas kekayaan :pengadaan kontak dan pemberian paten.
Di harapkan bantuan ini dapat meningkatkan pembangunan.
LINGKUNGAN INTERNASIONAL
Lingkungan internasional ini merupakan suatu konsep keseluruhan yang luas meliputi kegiatan dan masalah perekonomian dunia.
Beberapa Negara maju seperti Amerika,Jepang memang peran penting dalam perekonomian dunia,kekuatan ekonomi Negara-negara tersebut di dukung oleh kegiatan dari perusahaan-perusahaan raksasa yang ada,yang mempunyai kegiatan sebagai perusahaan multinasional.mereka membuat barang dan jasa untuk melayanikonsumen di seluruh dunia.
Neraca pembayaran internasional
Keadaan perekonomian internasional beberapa Negara di tunjukan dalam neraca pembayarannya.
Keadaan ini menunjukan neraca perdagangan yang menguntungkan ,jika impor lebih besar dari pada ekspornya,mak keadaan neraca perdagangan tidak menguntungkan .
Adannya spesialisasi tenaga kerja yang di sertai dengan pertukaran barang-barang,menyebabkan penduduk di masing-masing Negara mendapatkan standard hidup yang lebih tinggi dari pada mereka memenuhi sendiri semua kebutuhannya.
Perusahaan-perusahaan miltinasional
(multinational corporation)
Perusahaan-perusahaan multicultural kebanyakan berasal dari Negara-negara eropa,Amerika,Jepang,pasar yang di kuasainya meliputi beberapa Negara selain negaranya sendiri .
Di eropa telah terbentuk pasaran berupa erop(PBE)yang terdiri atas Negara-negara PERANCIS,JERMAN BARAT,NEDERLAND,BELGIA,LUXEMBURD & INGGRIS.
KEGIATAN-KEGIATAN MULTIKULTURAL
Perusahaan-perusahaan multicultural bertujuaan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu Negara saja, tetapi juga ke Negara-negara lainnya.
Perusahaan-perusahaan multikultural beroprasi ke suatu Negara untuk mengembangkan pasarnya secara ekonomis dan berusaha memanfaatkan keadaan politik yang menguntungkan.
Adanya perusahaan multikultural dapat membantu untuk memperbaiki kondisi perekonomian dari satu Negara terhadap Negara yang lain.di samping itu,secara langsung itu juga mendorong peningkatan kemampuan teknologi,manajeman & keterampilan orang-orang di mana perusahaan tersebut beroprasi.
CIRI-CIRI PERUSAHAAN MULTIKULTURAL
PBB Dalam laporan tahunan 1973 mendesifisikan perusahaan multicultural sebagai satu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahaan /manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua Negara.
Dengan definisi ini maka perusahaan multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dari jumlahnya merupakan ukuran dari perusahaan itu.
Pada saat laporan PBB itu di buat(1973)jumlah perusahaan multinasional di perkirakan sekitar 7.300 buah,200 di antarnya mempunyai cabang di 20 negara atau lebih.
Delapan dari sebuah perusahaan multinasional yang terbesar di dunia berdomisili di amerika serikat . sebagian besar dari penanaman modal asing di negara – Negara sedang berkembang di usahakan di bidang sumberdaya alam ,sisanya di bidang pengolahan ,perdagangan ,prasarana,transport, perbankan, turisme, dan jasa-jasa lainnya.
Kebaikan dan keburukan perusahaan multicultural
a.Kebaikan Perusahaan multicultural
↔menambah devisa Negara melalui penanaman modal di bidang eksport.
↔mengurangi kebutuhan devisa untuk impor di sector industry.
↔ikut mendukung pembangunan nasional.
↔memodirnasi industry.
↔menambah pendapatan Negara berupa pajak-pajak dan royalty dari perusahan-perusahaan tersebut.
↔memperluas pasar factor-faktor produksi dalam negri.DLL
b.Keburukan perusahaan multicultural
↔Makin banyaknya perusahaan multinasional yang didirikan dapat mempengaruhi kekuatan ekonomi Negara. Tetapi jika jumlahnya sedikit ,maka artikuantitafnya tidak banyak.
Lembaga-lembaga yang membantu perdagangan internasional
Untuk menjual barang ke luar negri atau mengimpor barang dari luar negri ,sering di perlukan-perlukan lembaga-lembaga perantara.
a.Export and Import Commossion House
commission House merupakan wakil-wakil dari pembeli. Export Commossion menerima pesanan dari luar negri,kemudian memenuhi pesanan tersebut dan menyelesaikan masalah-masalah pengexporan,serta menerima komisi atas dasar nilaibarang yang export.
b.Merchand exporters and importers
Tidak seperti Commossion House,Marchans and Importers memperoleh penghasilan dari hasil keuntungan dalam perdagangan ,jadi bukannya komisi.
c.Manufacturer’export agents
export agents bertindak sebagai bagian export dari sebuah perusahaan atau sekelompok perusahaan.
d.Export and Import Brokers
Makelar (broker)dalam kegiatan export-import perusahaan mempertemukan penjual dan pembeli bersama-sama atas jerih payahnya mereka mendapatkan transaksi dari transaksi yang terjadi.barang-barang yang di tawarkan berupa gula,kapas,berasdan barang lain yang serupa.
Perkembangan Impor dan Expor Indonesia
Setiap tahun sejak 1969 keadaan export Indonesiasecara keseluruhan mengalami perkembangan dari pada yang Positif dalam nilai Dollar.Tetapi mulai periode 1981/1982 keadaan export ini mengalami flukturasi.pada dasarnya barang-barang yang di export dapat di golongkan ke dalam dua kelompok(minyak dan gas bumi).
Barang-barang yang termasuk bukan katagori bukan minyak di kelompokkan lagi menjadi :
a.Golongan barang utama:terdiri atas :Kayu,karet,timah,minyak kelapa sawit,kopi,tembakau, teh dan biji kelapa sawit
b.Golongan barang lain,terdiri atas:hewan beserta hasilnya,lada,bungkil kopra,kopra,bahan makanan,barang-barang dan lain-lain.
Import yang di lakukan oleh Indonesia selama ini menliputi tiga macam golongan barang ,yaitu:

a.Barang konsumsi terdiri atas:beras ,tepung terigu,tekstil,dan lain sebagainya.
b.Bahan baku dan penolong,terdiri atas :cengkeh,bahan kimia,dan preparat kimia,bahan cat,pupuk,kertas,benag tenun,bahan bangunan dan lain sebagainya.
c.Barang modal terdiri atas:mesin-mesin ,generator listrik,alat telekomunikasi dan lain sebagainya.
Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© joko saputra 92 | All Rights Reserved
Bloggerized ByImuzcorner | Powered ByBlogger | The Gunners Template ByFree Blogger Template