makalah pengantar bisnis

on Minggu, 21 November 2010

MAKALAH
PROSES PRODUKSI tahu
PABRIK TAHU ARSYAT





Disusun Oleh :

JOKO SAPUTRA (21230772)
CHAIRUL TRI PRABOWO (21210542)
LUKMANSAH (24210085)
RUDI (29210332)
ADIMAN (29210352)



Tugas Pengantar Bisnis
Bapak Zuhad Incyaudin

Kelas 1EB19
Universitas Gunadarma
2010
I.PENDAHULUAN
Latar belakang
Kemajuan zaman saat ini sangat mempegaruhi bidang industri,bidang industri saat ini maju dengan sangat pesat. Bukti dari kemajuaan industri saat ini adalah dengan munculnya perusahaan Manufaktur.Contohnya adalah Perusahaan Tahu yang terletak di daerah kayuringan tepatnya di Jalan Letnan Arsyad 4 ,Perusahaan tahu tersebut berdiri sekitar tahun 90-an,Perusahaan tahu tersebut adalah perusahaan tahu pertama yang di dirikan di Kayuringin dan perusahaan tahu pertama yang ada di daerah sekitar Jalan Letnan Arsyad 4.Perusahaan tahu tersebut sering di sebut pabrik tahu Arsyad masyarakat menyebut demikian di karena pabrik tersebut adalah pabrik tahu satu-satunya yang ada di jalan Letnan Arsyad.sementara untuk di sekitar Daerah kayuringin sajak sejak tahun 2000-an ini sudah muncul beberapa Pabrik tahu ,pabrik-pabrik tahu tersebut tersebar di beberapa tempat yang masih di daerah kayurinin,namun munculnya perusahaan atau pabrik-pabrik baru ini tidak membuat Pabrik tahu Arsyad menjadi bangrut atau di kalahkan oleh pabrik-pabrik baru,namun malah mejadi lebih berkembang pesat ,semua itu di karenakan masyarakat sekitar masih mengangap pabrik tahu Arsyad adalah pabrik tahu yang memiliki kualitas yang baik di banding pabrik-pabrik tahu yang ada saat ini di sekitar Daerah Kayuringin.
Tofu alias Tahu ini dalah merupakan makanan yang bersal dari Negara China,dan masuk ke Indonesia sekitar tahu 1880an dulu nama makanan ini sering di sebut tofu namaun sejak sangat di kenal di Indonesia makanan ini sering di sebut oleh masyarakat Indonesia sebagai Tahu saja,tofu alias tahu memang sangat lezat sekali di santap,mulai sampai di goreng biasa hingga di oleh menjadi makanan sayur,bahkan tahu pernah di jahui oleh masyarakat Indonesia karena isu formalin sebagai bahan pengawaet pada sebuah tahu.Tidak semua tahu diproses dengan bahan berbahaya tersebut.Buktinya masih banyak saja produsen atau pembuat tahu yang membuat tahu dengan secara alami tanpa mengunakan formalin sebagai bahan pengawet tahunya,di balik kelezatannya ternyata tahu menyimpan khasiat medis tersendiri,sebuah studi dari Tiem medis dari KANADA membuktikan bahwa tahu dapat menurunkan Kolestrol jahat dalam tubuh,tahu juga dapat mencegah kangker payudara.
Tofu alias tahu memang sangat lezat untuk di makan mulai dari digoreng biasa hingga di olah menjadi sayur.di Indonesia tahu sendiri ada beberapa jenis mulai dari tahu China yang putih dan lembut sampai tahu sumedang yang kuning kecoklatan dan kosong melompong di bagian dalamnya.



II. Tahap Produksi
1. Proses Pembuatan Tahu

Alat dan bahan : Kacang Kedelai, Air, Penggilingan, Kayu, Alat Pencetak.
Tahap-tahap pembuatan tahu :
1. Proses pertama yang dilakukan dalam pembuatan tahu yaitu proses perendaman biji kacang kedelai selama 3 sampai 5 jam
2. Setelah perendaman dilakukan, kemudian dilakukan beberapa kali pencucian kacang yang sudah direndam tadi. Kemudian kacang kedelain masuk kedalam penggilingan
3. Hasil proses penggilingan kacang kedelai tadi, ditampung dalam wadah
4. Hasil penggilingan yang ditampung bsementara tadi kemudian dimasukan dalam tempat pemasakan yang tebuat dari tembok dan didalamnya terdapat wajan yang besar yang dipanaskan daribawah menggunakan pera[pian kayu sampai busannya menghilang dan calon bakal tahunnya mendidih).
5. Setelah itu di lakukan pada calon tahu yang sudah mendidih tadi dan di simpan ke dalam sebuah wadah yang besar.
6. Bakal tahu yang berada dalam saringan, di peras secara perlahan-lahan pada kain penyaringan ampas lebih cepat dan air yang akan di gunakan sebagai bakal tahu cepat masuk ke dalam wadah.
7. Agar penyaringan lebih efektif ampas yang pada kain yang berada di atas wadah, di injak-injak supaya tidak ada sisa air yang etrbuang begitu saja.
8. Sisa ampas yang tadi di manfaatkan sebagai bahan dasar untuk membuat oncom dan makanan ternak seperti kerbau dan sapi.
9. Setelah ampasnya dibuang disiapkan saringan yang disimpan diatas cetakan tahu, kemudian calon tahu tersebut dituangkan ke dalam cetakan yang terdapat saringannya.
10. Kemudian calon yang berada dalam wadah di tutup menggunakan saringan dan cetakan bambu yang di tutup lagi dengan balok kayu agar calon tahu menjadi padat.
11. Setelah kurang lebih 20 menit, tahu yang tadi di tutup didalam wadah dikeluarkan dan ditiriskan.
12. Setelah ditiriskan, sekarang tinggal masuk ke proses akhir yaitu pembentukan tahu. Proses pemotongan taaahu yang di lakukan dengan menggunakan mistar kayu sebagai alat ukur dan pisau untuk memotong-motong tahu menjadi ukuran kecil.
13. Tahu yang sudah di potong-potong kecil kemudian dikemas dalam plastik yang siap dipasarkan. Tahu yang berada dalam plastik itu di tambah air yang berguna agar tahu itu tidak kering dan hancur.
14. Itu lah cara pembuatan tahu yang bewarna natural namun Untuk membuat tahu yang berwarna kuning., tahu tersebut sebelumnya dimasukkan ke dalam air kunyit yang sebelumnya sudah di didihkan. Langkah pertama kunyuit di cuci sampai bersih.
15. Kemudian kunyit yang sudah dibersihkan di tumbuk sampai halus.
16. Setelah di tumbuk kunyit trersebut dimasukan kedalam wadah yang berisi air untuk di didihkan.
17. Setelah mendidih busa yang ada pada air kunyit tersebut dibersihkan secara manual oleh pekerja.
18. Kemudian air kunyit itu dimasukan kedalam wadah, kemudian tahu yang sudah dipotong kecil dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air kunyit tadi untuk proses pewarnaan.
19. Setelah tahu berwarna kuning tahu siap dipasarkan.






2.PEMASARAN
Perusahaan tahu yang kami datangi ini mereka memasarkan tahu dengan beberapa cara yaitu dengan menyediakan tempat penjualan langsung tahu-tahu yang sudah jadi di samping pabrik tersebut jadi pedagang atau pembeli biasa langsung membelinya di samping pabrik tersebut,selain itu pabrik ini juga memasarkan dagangannya dengan cara menyalurkan tahu-tahunya langsung kepasar di dekat sekitar pabrik agar di jual oleh para pedagang dan pedagag menyetorkan keuntungan tahu tersebut pada pabrik,dan pedagang mendapat beberapa persen dari penjualan tersebut.


3.ANALISIS
 Kebersihan pabrik beserta alat-alatnya kurang terjaga untuk sebuah Pabri pengolahan makanan yang mana seharusnya kebersihan cukup di perhatikan
 Standard kebersihan kerja kurang diperhatikan, contohnya : Para buruh tidak memakai masker, tidak memakai sepatu , tidak memakai sarung tangan, dan alat pelindung lainnya.agar makanan lebih seteril.
 Produk kurang higenis karena bak-bak tempat pengolahan tahu kurang di perhatikan kebersihannya.
 Fasilitas dan beberapa hal dalam dan di luar kurang di perhatikan pabrik.
 Selain itu pabrik yang kami datangi ini tempatnya sangat dekat sekali dengan pemukiman penduduk jadi menurut kami kurang strategis.
 Limbah atau ampas yang di hasilkan oleh pabrik tahu memang tidak membahayakan bagi manusia,namun bau yang di keluarkan oleh limbah(ampas)tahu ini sagat menyengat dan tidak sedap untuk kita hirup.abilagi pabrik tahu tersebut sangat dekat sekali degan pemukiman mungkin bau dari limbah tersebut sangat menganggu masyarakat.




III.PENUTUP
1.KESIMPULAN
Kelompok kami menyimpulkan bahwa Tofu alias tahu memang sangat lezat untuk di makan mulai dari digoreng biasa hingga di olah menjadi sayur.di Indonesia tahu sendiri ada beberapa jenis mulai dari tahu China yang putih dan lembut sampai tahu sumedang yang kuning kecoklatan dan kosong melompong di bagian dalamnya.selai itu kelompok kami juga menyimpulkan bahwa pabrik tahu yang kami datangi tersebut dalam beberapa hal kurang di perhatikan dan dalam beberapa tempat (wadah) pembuatan tahu kurang di perhatikan dalam kebersihannya.selai beberapa hal tadi kami lebih mengerti bahwa tidak hanya kelezatannya saja namun juga memiliki khasiat untuk beberapa penyakit.yang semua itu bermanfaat bagi diri manusia.

2.KRITIK DAN SARAN
Menurut kami pabrik tersebut sudah memenuhi standar, dan sudah cukup dikenal oleh masyarakat sekitar kayuringin akan tatapi kurang di perhatikan keselamatan kerjanya, dan kebersihaan kurang terjaga dan tidak begitu di perhatikan.
Ranking: 5

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

 
© joko saputra 92 | All Rights Reserved
Bloggerized ByImuzcorner | Powered ByBlogger | The Gunners Template ByFree Blogger Template