PEMASARAN BAB 7

on Senin, 01 November 2010

PENGERTIAN DAN KONSEP PEMASARAN
Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahan. Semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Kenyataannya,pemasaran merupakan konsep yang menyeluruh,sedangkan istilah yang lain tersebut merupakan suatu bagian,suatu kegiatan dalam system pemasaran secara keseluruhaan.jadi,pemasaran merupakan keseluruhan daripengertian tentang :
• Penjualan
• Perdagangan
• Distribusi
Pemasarn adalh system keseluruhan dari kegiatan usaha yang di tunjukan untuk merencanakan menentukan harga,mempromosikan,dan memdistribusikan barang dan jasayang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Penciptaan faedah bagi konsumen
Selain pemasaran,kegiatan lain yang dapat menciptakan ekonomi adalah :
• Produksi yang membuat barang-barang
• Konsumsi yang mengunakan barang-barang tersebut
KONSEP PEMASARAN
Konsep pemasaran (marketing concept)merupakan falsafah perusahaan yang meyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasaan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan konsumen bagi kelangsungan hidup perusahaan.
PENDEKATAN STUDI PEMASARAN
Pemasaran dapat di pelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan,yaitu :
• Pendekatan serba fungsi (functional approach)
• Pendekatan serba lembaga(instutional approach)
• Pendekatan serba barang(commodity approach)
• Pendekatan serba manajemen(Managerial approach)
• Pendekatan serba sistem(total system approach)
PENDEKATAN SERBA FUNGSI
Jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dan perdagangan.Adapun fungsi pokok pemasran adalah(1)Penjualan,(2) pembelian,(3)pengangkutan,(4)penyimpanan,(5)pembelajaran,(6)penanggung resiko,(7)standardisasi dan grading,dan(8)pengumpulan informasi pasar.
1.PENJUALAN
Penjualan ini merupakan fungsi yang paling penting dalam pemasarn karena menjadi tulang punggung kegiatan untuk mencapai pasar yang di tuju.
2.PEMBELIAN
Fungsi pembelian bertujuan memilih barang-barang yang di beli untuk digunakan untuk perusahaan dengan harga, pelayanan dari penjual dan kualitas dari produk tertentu.
3.PENGANGKUTAN
Pengangkutan merupakan fungsi pemindahan barang dari tempat barang di hasilkan ke tempat barang di konsumsi.
4.PENYIMPANAN
Penyimpanan merupakn fungsi penyimpanan barang-barang pada saat barang sampai di produksi hinga pada saat barang di konsumsi.penyimpanan di sepanjang saluran distribusi dan dijalan kan baik oleh produsen,penyalur,maupun oleh konsumen maupun pembeli akhir.
5.PEMBELAJARAN
Pembelajaran adalh fungsi mendapat modal dari sumber extern guna menyelengarakan kegiatan pemasaran.
6.PENANGGUNG JAWAB
Penanggung resiko adalah fungsi menghindari dan mengurangi resiko yang berkaitan dengan pemasaran barang.
7.STANDARDISASI DAN GRADING
Ini merupakan dua istilah yang agak berbeda meskipun ada juga persamaannya.
8.PENGUMPULAN INFORMASI PASAR
Dalam fungsi ini termasuk pula pengumpulan dan penafsiran keterangan-keterangan tentang macam barang yang beredar di pasar,jumlahnya,macam barang yang di butuhkan konsumen,harganya,dan sebagainya.
PENDEKATAN SERBA LEMBAGA
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
PENDEKATAN SERBA BARANG
Pendekatan serba barang atau juga di sebut pendekatan Organisasi industry,merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan tentang studi bagai mana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi kekonsumen akhir atau konsumen produksi.
PENDEKATAN SERBA MANAJEMEN
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik beratkan pada pendapat manajer serba keputusan yang mereka ambil.
PENDEKATAN SERBA SISTEM
Pendekatan serba sisitem atau pendekatan system total ini mencap elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran,termasuk keempat pendekatan di muka.
Sumber pemasaran adalah kumpulan –kumpulan lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang,dan factor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahan dengan pasarnya.
STRUKTUR ORGANISASI PEMASARAN
Sebagi fungsi pokok dalam perusahaan,pemasaran di pegang oleh seseorang manajer pemasaran yang kebanyakan bertangung jawab pada direktur pemasaran.manajer pemasarn membawahi sejumlah induvidu yang di kelompokan kedalam dua sub bagian,yaitu :
• Sub bagian perencanaan pemasarn dan perencanaan staf penunjugan
• Sub bagian penjualan umum
Masing-masing sub bagian di pegang oleh seorang manajer yang bertangung jawab pada manajer pemasaran;dan membawahi induvidu-induvidu yang semuanya berkecimpung dalam kegiatan pemasaran.
PASAR
Seseorang yang mempunyai barang atau jasa akan terlibat pada suatu transaksi pembelian.
PASA adalah orang-orang yang mempunyai keinginan puas ,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.
Dari definisi tersebut dapat lah di ketahui adanya tiga unsure penting yang terdapat dalm pasar,yakni :
• Orang dengan segala keinginannya
• Daya beli mereka
• Kemauan untuk membelanjakan uangnya
MACAM-MACAM PASAR
• Pasar konsumen adalah sekelompok pembeli yang membeli barang –barang yang di konsumsikan,bukanya di jual atau dip roses dengan lanjut.
• Pasar industry adalah pasar yang terdiri atas induvidu-induvidu atau lembaga atau organisasi yang membeli barang-barang untuk di pakai lagi,baik secara langsung maupun tidak langsung,dalam memproduksi barang lain yang kemudian di jual.barang yang di beli adalah barang industry
• Pasar penjualan adalah suatu pasar yang terdiri atas induvidu-induvidu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk di jual lagi untuk di sewakan agar mendapatkan laba
• Pasar pemerintah adalah pasr di tempat lembaga-lembaga pemerintah,seperti :departemen-departemen ,direktorat, kantor-kantor dinas, dan instansi lain.
SEGMENTASI PASAR
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan-satuan pasar (segmen pasar)yang bersifat homogen.
MARKETING MIX DAN PRODUK
MARKETING MIX adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari system pemasaran perusahaan,yakni :produk,struktur harga,kegiatan promasi dan system distribusi.
Barang/produk adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat di raba maupun tidak dapt di raba,termasuk bungkus, warna,harga,prestise perusahaandan pengecer,pelayanan perusahaan dan pengecer,yang di terima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.
PENGOLONGAN BARANG MENURUT TINGKAT PEMAKAIN DAN KEKONGKRITANYA
1. BARANG TAHAN LAMA adalah barang-barang yang secara normal dapat di pakai berkali-kali jadi bias di pakai dalam waktu yang lama.
2. BARANG TIDAK DAPAT LAMA barang tidak tahan lama adalah barang-barang yang secara normal hanya dapat di pakai satu kali atau berapa kali saja ,artinya sekali di pakai akan habis,rusak,atau tidak dapat di pakai lagi.
3. JASA adalah kegiatan ,manfaat,atau kepuasan yang di tawarkan untuk di jual.
Pengolongan barang menurut tujuaan pemakaiannya oleh si pemakai
1.BARANG KONSUMSI
BARANG KONSUMSI adalah barang-barang yang di beli untuk di konsumsikan.berdasarkan kebiasaan membeli dari konsumen,barang konsumsi di kelompokkan lagi menjadi tiga golongan :1.barang konvenian,2.barang shopping,dan,3.barang sepesial.
2.BARANG INDUSTRI
BARANG INDUSTRI adalah barang-barang yang di beli untuk dip roses lagi atu kepentingan dalam industri baik secara langsung maupun secara tidak langsung di pakai proses produksi.
SIKLUS KEHIDUPAN BARANG (Product Life cycle)
Seperti halnya manusia,barang juga memiliki siklus kehidupan/umur(Life cycle)
Yang terdiri dari berbagai macam tahap sejak barang di perkenalkan sampai tidak ada di pasarkan:ini di sebut sebagai siklus kehidupan barang
• Tahap perkenalan pertama dari siklus kehidupan barang ini ,barang mulai di pasarkan dalam jumlah yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi.
• Tahap pertumbuhan dalam tahap pertumbuhan ini kurva penjualan semakin meningkat dan masyarat sudah membeli barang berangkutan ,maka usaha promosi yang di lakukan perusahaan tidak seagresif tahap berikutnya.
• Tahap kedewasaan dan tahap kejenuhaan,dalam tahap-tahap ini tingkat tingat laba mulai menurun ,dan persaingan sangat ketat .usaha periklanan mulai di tingkatkan lagi untuk menghapi persaingan.
• Tahap kemunduran
• Dalam tahap kemunduran ini penjualan semakin menurun;dan labanya juga menurun,bahkan menderita rugi.
MARK
Suatu produk dapat di bedakan dengan produk lainnya dari segi merk(brand)
Brand adalah suatu nama,istilah simbol,atau disain,(RANCANGAN)atau kombinasinya yang di maksud untuk member tanda pengenal atau jasa dari seseorang penjual atau sekelompok penjual dan untuk membedakan dari barang-barang yang di hasilkan oleh pesaing.
SALURAN PEMASARAN
Saluran distribusi untuk suatu barang adalah saluran yang di gunakan untuk produsen untuk menyalurkan barang tersebut dari produsen sampai kekonsumen atau ke pemakaqi industri.
SALURAN DISTRIBUSI GANDA
Ada beberapa masalah yang harus di pertimbangan dalam pemilihan saluran distribusi .faktor-faktor tersebut antara lain :
• Jenis barang yang di pasarkan
• Produsen yang menghasilkan produknya
• Penyalur yang bersedia ikut mengambil bagian
• Pasar yang di tuju
PEDAGANG BESAR
Pedagang besar merupakan salah satu lembaga saluran yang penting,terutama untuk menyalurkan barang konsumsi.
PENGECER
Dalam pemasaran,pengecer(retailer)mempunyai perasaan yang tinggi karena berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir.jadi,perdagangan eceran ini meliputi semua kegiatan yang berhubungan secara langsung dengan penjualan barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi (bukan untuk keperluan bisnis).
JENIS-JENIS PENGECER
Menurut banyaknya produk line,pengecer dapat di golongkan ke dalam(a)generali merchandise store,(b)single-line,dan(c)specialy store
AGEN
Adapun jenis-jenis agen yang ada antara lain :
1. Agen penjualan,yang mempunyai tugas utama mencarikan tugas utama mencarikan tugas bagi produsen .
2. Agen pembelian,yang mempunyai tugas utama mencarikanpenyedia/supplier bagi para pembeli.
3. Agen pengagkutan,yang mempunyai tugas utama menyampaikan barang dari penjual kepada pembelinya.
Meskipun mereka ini tidak mempunyai hak milik ,tetapi mereka ikut secara aktif dalam perdagangan barang yang di hasilkanoleh produsen.
JUMLAH PRANTARA DALAM SALURAN
Setelah produsen menentukan saluran distribusi yang di pakai ,masalah yang di hadapi berikutnya adalah masalah penentuan jumlah perantara pada tingat perdaganganbesar/perdagangan eceran.
DISTRIBUSI FISIK
Distribusi fisik
Istilah distribusi fisik di pakai untuk mengambarkan luasnya kegiatan pemindahan suatu barang ke tempat tertentu pada saat tertentu.
PENENTUAN HARGA
HARGA adalah sejumlah uang (di tambah beberapa barang kalau mungkin )yang di butuhkan untuk mendapatkan sejumlahj kombinasi dari barang beserta pelayanannya.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT HARGA
1.KEADAAN PEREKONOMIAN
Keadaan perekonomian sangat mempengarui tingkat harga yang belaku
2.PENAWARAN DAN PERMINTAAN
Permintaan adalah sejumlah barang yang di beli oleh pembeli pada tingkat harga tertentu
3.ELESTETITAS PEMBAYARAAN
Faktor lain yang dapat mempengaruhi penentuan harga adalah sifat permintaan pasar .
PROMOSI DAN PERIKLANAN
PROMOSI
Promosi merupakan salah satu variable marketing mix yang di gunakan perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan passarnya.
PRIKLANAN
Priklanan adalah komunikasi non induvidu,dengan sejumlah biaya,melalui berbagai berbagai macam media yang di lakukan ,lembaga non-laba,seta induvidu-induvidu.
1. Tujuan periklanan yang terutama adalah menjual atau menigkatkan penjualan barang atau jasa
2. Jenis periklanan adlah periklanan barang ,periklanan kelembagan.
3. Media periklanan pemilihan jenis media yang akan di gunakan merupakan salah satu bagi seponsor.
4. Biro priklanan merupakan lembaga bisnis yang berdiri sendiri,yang mengkhususkan kegiatan di bidang perencanaan,pengembangan.
PERSONAL SELLING,PROMOSI,PENJUALAN,DAN PUBLISITAS
Personal selling
Personal selling ini merupakan kegiatan promosi yang beda dengan periklanan karena mengunakan orang/induvidu di dalam pelaksanaannya.
PERSONAL SELLING adalah interaksi antar induvidu,saling bertemu muka yang di tunjukan untuk menciptakan ,memperbaiki,menguasai,atau mempertahankan hubungan pertengkaran yang saling menguntungkan dengan pihakm lain.
1.PROSES PERSONAL SELLING
Dalam kegiatan personal selling terdapat beberapa tahap yang perlu di lakukakan,secara keseleruhan membentuk suatu proses,tahap-tahap tersebut adalah :
a) Persiapan sebelum penjualan
b) Penentuan lokasi pembeli potensial
c) Pendekatan pendahuluan
d) Melakukan penjualan
e) Pelayan sesudah penjualalan
2.JENIS TUGAS PENJUALAN DAN SELESMAN
a. Trade selling dan merckadising salesman
b. Missionary selling dan detailmain
c. Tachinical selling dan seles engginer
d. New business selling dan pioneer product salesman
Promosi penjualan
Promosi penjualan ini merupakan istilah yang berbeda dengan istilah promosi meskipun sama-sama mengunakan promosi ,peromosi penjualan hanya sebagian dari kegiatan promosi.
PUBLISITAS
Hampir sam dengan priklanan , publisitas ini merupakan salh satu kegiatan promosi yang di lakukan melalui suatu media.
Ranking: 5

{ 1 komentar... read them below or add one }

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut


19 Maret 2020 pukul 06.43

Posting Komentar

 
© joko saputra 92 | All Rights Reserved
Bloggerized ByImuzcorner | Powered ByBlogger | The Gunners Template ByFree Blogger Template